Cara Mengatasi Keringat Berlebih di Leher dengan Mudah dan Aman

Mengatasi keringat berlebih di leher ➧ Ada banyak hal yang dikeluhkan oleh masyarakat terkait dengan keringat, seperti sering keluar keringat di leher, keringat pada leher saat tidur dan keringat di leher belakang. Beberapa orang juga mengeluhkan leher berkeringat dingin dan dan kepala berkeringat saat tidur.

Untuk mengatasi keluhan tersebut tentu harus diketahui lebih dulu penyebabnya secara pasti. Dalam hal ini dokter adalah orang yang paling tepat untuk memastikan penyebab keringat berlebih.

Kondisi ini memang membuat hati kita cemas dan bertanya tanya "kenapa leher saya sering berkeringat ?", maka dari itu jangan tunda untuk datang ke dokter untuk memastikan penyebab keadaan ini.

cara-mengatasi-keringat-berlebih-di-leher
image from pixabay

Pengelompokan Keringat Berlebih


Keringat berlebih dalam istilah medis disebut dengan hiperhidrosis dan dikelompokkan menjadi 2, yaitu hiperhidrosis primer dan sekunder. Keringat berlebih ini bisa saja sebagai tanda bahaya kesehatan yang perlu segera mendapat penanganan. Untuk itu, silakan lanjut membaca untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Perlu Anda ketahui bahwa keringat berlebih / hiperhidrosis itu dikelompokkan menjadi dua, yaitu hiperhidrosis primer dan hiperhidrosis sekunder. Berikut penjelasannya..

1. Keringat berlebih / hiperhidrosis primer


Adalah suatu keadaan dimana keringat banyak keluar di bagian tubuh tertentu seperti telapak tangan, ketiak, wajah, kepala dan lainnya. Kondisi ini umumnya terjadi karena adanya gangguan pada fungsi syaraf.

2. Hiperhidrosis sekunder


Adalah suatu keadaan dimana keringat keluar secara berlebihan pada semua anggota tubuh yang biasa terjadi pada waktu malam hari. Hiperhidrosis sekunder terjadi karena pengaruh suatu penyakit seperti gagal jantung, kanker, stroke, TBC, diabetes, paru paru, masalah tiroid, adiksi alkohol dan lainnya.

Untuk itu, apabila Anda menjumpai keadaan yang tidak wajar terkait dengan keringat berlebih maka sebaiknya segera saja datang ke dokter untuk segera mendapat pemeriksaan. Dokter akan melakukan segenap pemeriksaan seperti pemeriksaan fisik, rekam medis dan wawancara medis serta pemeriksaan lain yang dianggap perlu.

Pemeriksaan hendaknya segera dilakukan apabila Anda menjumpai gejala lain yang menyertai hiperhidrosis seperti sulit tidur, keringat yang keluar semakin banyak, batuk batuk, rasa haus yang luar biasa dan gejala lainnya.

Tips Mengatasi Keringat Berlebih di Leher


Masalah keringat berlebih tidak mesti disebabkan karena penyakit berbahaya tapi bisa saja terjadi karena masalah sepele yang bisa diatasi dengan tips sederhana. Untuk itu, coba lakukan tips cara mengatasi keringat berlebih di bawah ini :

1. Mengatasi keringat berlebih dengan menjaga kebersihan


Keringat berlebih bisa saja terjadi karena kebersihan kulit tidak terjaga dengan baik. Maka dari itu, sebagai langkah awal penanganan hiperhidrosis, cobalah untuk menjaga kebersihan kulit dengan cara mandi secara teratur paling tidak sehari dua kali. Setiap mandi, gunakan sabun mandi yang cocok dengan karakter kulit Anda.

2. Cukupi kebutuhan cairan tubuh


Dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) bisa saja menjadi penyebab keluarnya keringat berlebih di bagian leher atau di bagian tubuh lainnya. Hal ini bisa terjadi karena dehidrasi memperburuk sistem ketahanan tubuh sehingga tubuh gampang terserang penyakit. Serangan penyakit tertentu itu lah yang akhirnya membuat badan mengeluarkan banyak keringat (hiperhidrosis). Untuk mencukupi kebutuhan cairan, dianjurkan minum air putih setidaknya 8 gelas per hari.

3. Jangan stress


Salah satu penyebab keringat berlebih adalah pikiran gelisah atau sress. Oleh karena sedang memikirkan masalah yang berat, badan bisa mengeluarkan keringat yang lebih banyak daripada biasanya, terlebih lagi kalau masalah itu sampai kebawa mimpi. Untuk itu, atur emosi Anda dengan sebaik baiknya agar tidak sampai stress.

4. Atur suhu ruangan


Mengatur kelembaban suhu ruangan adalah langkah sederhana untuk mengatasi keringat berlebih di leher karena bisa jadi hiperhidrosis yang Anda alami terjadi karena suhu ruangan yang terlalu panas dan lembab. Cobalah untuk mengatur suhu ruangan yang cocok dengan kondisi tubuh Ana, jangan terlalu dingin dan jangan terlalu panas.

5. Hindari pakaian ketat


Memakai pakaian sempit dan ketat membuat tubuh gerah dan mudah berkeringat. Untuk itu, coba kenakan pakaian longgar, terutama di waktu tidur agar tubuh tidak mengeluarkan keringat berlebih. Pakaian dengan kain halus dan dingin sangat cocok untuk meminimalisir keluarnya keringat berlebih dari dalam tubuh.

Demikian informasi terkait cara mengatasi keringat berlebih di leher. Semoga ulasan singkat di atas dapat membantu, dan jangan tunda untuk datang ke dokter kalau masalah Anda tidak segera sembuh. Salam

Artikel Pilihan

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

CANTIK SEHAT

Blog tentang perawatan kecantikan, bulu ketiak, bulu kaki, bulu mata dan perawatan tubuh lainnya

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top