Fungsi Saraf Optik pada Mata dan Fungsi Otot Siliaris

Fungsi saraf optik pada mata dan fungsi otot siliaris - Pada kesempatan kali ini sedikit akan kami tulis keterangan mengenai saraf optik dan otot siliaris. Bagi Anda yang ingin tahu lebih jelas mengenai kedua bagian mata ini tentu harus belajar lebih detil dalam pelajaran biologi, penjelasan dalam artikel ini hanyalah keterangan potongan saja.

Mata merupakan salah satu panca indra yang mempunyai peranan sangat penting, yaitu untuk melihat. Tanpa indra mata, jagad raya terlihat gelap dan tidak indah.

Namun dengan anugerah besar yang telah diberikan oleh Tuhan YME yaitu indra mata, maka dunia terlihat begitu hebat dan menakjubkan. Mata dapat bekerja dengan baik karena tersusun dari beberapa bagian yang saling memperkuat. Selengkapnya bisa Anda baca jaringan penyusun organ mata.

fungsi-saraf-optik-pada-mata-dan-fungsi-otot-siliaris
image from pixabay

Fungsi Saraf Optik


Salah satu bagian mata yang memiliki peranan sangat penting adalah saraf optik. Saraf optik terletak pada bagian belakang mata. Fungsi saraf optik adalah meneruskan informasi visual yang diperoleh retina menuju pusat penglihatan. Saraf optik ini terbentuk dari serabut saraf yang sangat banyak hingga jutaan lebih.

Salah satu penyakit yang pali sering dialami oleh manusia terkait saraf optik adalah glukoma. Penyakit ini terjadi karena terjadi tekanan terlalu tinggi pada cairan vitreous. Tekanan ini lah yang membuat saraf optik tertekan dan akhirnya mati, wal hasil terjadilah penyakit glukoma.

Fungsi Otot Siliaris


Otot siliaris terletak pada bagian zonules dari Zinn melekat pada lensa mata. Fungsi dari otot siliaris adalah menyesuaikan lensa mata sehingga dapat melihat objek dengan fokus.

Pada saat otot siliaris rileks maka zonula menarik bagian tepi lensa sehingga lensa menjadi tipis dan datar sehingga dapat melihat benda yang ada di tempat jauh. Sedangkan apabila otot siliaris berkontraksi maka otot ini menarik ke depan dan membuat lensa jadi bulat sehingga dapat menangkap objek yang berada di dekat.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai fungsi saraf optik pada mata dan otot siliaris. Semoga ulasan singkat tersebut di atas dapat menambah wawasan kita tentang indra mata.

Artikel Pilihan

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

CANTIK SEHAT

Blog tentang perawatan kecantikan, bulu ketiak, bulu kaki, bulu mata dan perawatan tubuh lainnya

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top