Mata Merah dan Berair, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mata merah dan berair ⏩ Salah satu masalah kesehatan yang banyak dikeluhkan adalah mata merah dan berair. Keluhan ini memang tidak berbahaya dan banyak dialami namun jika tidak segera diatasi maka dapat mengganggu aktivitas sehari - hari. Untuk dapat bergerak dengan bebas, mata membutuhkan air mata.

Biasanya air mata akan mengalir jika kita sedang menangis, tertawa terbahak dan menguap. Keadaan ini normal, berbeda dengan orang yang matanya berair terus meski tidak melakukan apa - apa. Ini merupakan salah satu keluhan kesehatan mata yang sungguh dapat mengganggu aktivitas dan kegiatan sehari - hari.

Penyebab Mata Merah dan Berair


mata-merah-dan-berair
image from pixabay

Perlu Anda ketahui bahwa di dalam kelopak mata kita ada kelenjar yang memproduksi minyak sehingga air mata tidak menguap dalam waktu terlalu cepat. Mata yang terus menerus berair terjadi karena kelenjar penghasil minyak tersebut tidak dapat bekerja dengan normal. Keadaan ini akan membuat air mata jadi cepat menguap dan mata menjadi kering. Hal ini lah yang membuat produksi air mata menjadi berlebihan dan mata menjadi merah dan berair.

Selain keadaan tersebut ada beberapa hal yang menjadi pemicu mata berair, diantaranya adalah sebagai berikut :

➧ Mata terlalu lelah
➧ Saluran air mata tersumbat
➧ Mata kemasukan benda asing
➧ Sedang menderita sakit flu
➧ Alergi terhadap sesuatu
➧ Cuaca tak bersahabat
➧ Terkena asap dan angin kencang
➧ Infeksi pada bagian mata
➧ Kelopak mata sakit [baca kelopak mata bengkak dan sakit saat mengedip, ini solusinya]
➧ Terkena pengaruh obat
➧ Bulu mata yang tumbuh ke dalam mata
➧ Terkena penyakit berbahaya
➧ Dan lain lain

Selain beberapa sebab di atas, faktor usia kerap kali menjadi pemicu mata merah dan berair. Orang yang telah lanjut usia dengan umur 6oan banyak yang mendapati keluhan ini.

Cara Mengatasi Mata Merah dan Berair


Terkadang, masalah ini akan membaik dan sembuh sendiri tanpa ada penanganan khusus karena mata manusia memiliki kemampuan yang sangat luar biasa selain untuk melihat. Silakan baca kemampuan mata selain untuk melihat.

Kendati demikian, ada beberapa kejadian diaman mata berair tidak dapat sembuh dengan sendirinya bahkan menjadi masalah  kronis yang membutuhkan perawatan dan penanganan khusus dari tenaga medis. Sebagai langkah awal untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa melakukan beberapa hal langkah sederhana di bawah ini.

  • Kompres mata dengan menggunakan handuk pakai air hangat untuk mengatasi saluran air mata tersumbat
  • Mata berair karena mata kering bisa diobati dengan menggunakan obat tetes mata
  • Bila mata merah berair disebabkan karena bulu mata masuk ke dalam, sebisa mungkin keluarkan bulu mata tersebut
  • Hilangkan benda asing yang masuk ke mata dengan menggunakan cara aman
  • Tersumbatnya saluran air mata bisa diatasi dengan pijatan lembut di area mata oleh orang yang ahli di bidangnya
  • Konsultasi ke dokter tentang masalah yang Anda alami

Langkah paling disarankan untuk mengatasi mata merah dan berair adalah dengan periksa ke dokter. Dokter akan melakukan segenap pemeriksaan medis sesuai dengan prosedur sehingga dokter mengetahui penyebab pasti sakit mata yang Anda derita. Selanjutnya dokter akan memberikan obat yang paling tepat untuk mengatasi keluhan Anda.

Mata merah dan berair sebenarnya tidak perlu mendapat perawatan khusus jika memang tidak mengganggu aktivitas. Namun demikian, alangkah baiknya Anda konsultasikan keadaan ini ke dokter, apalagi kalau mata berair ini terjadi dalam waktu yang cukup lama. Sekian info yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

Artikel Pilihan

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

CANTIK SEHAT

Blog tentang perawatan kecantikan, bulu ketiak, bulu kaki, bulu mata dan perawatan tubuh lainnya

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top