Mata Berair Terus dan Keluar Kotoran Mata, Waspadalah Sebelum Terlambat

Mata berair terus menerus dan disertai keluarnya kotoran mata merupakan satu kondisi yang perlu diwaspadai, pasalnya keadaan ini menjadi salah satu indikator masalah kesehatan mata yang mungkin saja termasuk penyakit serius. Keadaan ini memang bukan sebuah petunjuk pasti tentang sakit mata serius, namun alangkah baiknya waspada terhadap semua keluhan yang sedang dialami.

Sebelum lanjut membaca artikel ini, alangkah lebih baiknya Anda baca terlebih dahulu penjelasan mengenai apa saja penyebab mata merah dan berair serta langkah sederhana untuk mengatasinya pada artikel berjudul mata merah dan berair, penyebab dan cara mengatasinya.

Lanjut pembahasan mengenai keluarnya kotoran dari mata yang berair. Sebagaimana kita ketahui bahwa ada beberapa keadaan yang memungkinkan menjadikan mata kita berair dan mengeluarkan kotoran. Salah satu diantaranya adalah penyakit beleken, penyakit ini ditandai mata menjadi merah, pedih, perih dan mengeluarkan kotoran mata.

mata-berair-terus-dan-keluar-kotoran-mata
image from pixabay

Contoh lagi, ketika bangun tidur kok ternyata di tepi mata ada kotoran mata yang menumpuk. Meskipun tidak ada keluhan sakit yang Anda rasakan namun bisa jadi hal itu sebagai petunjuk bahwa ada yang tidak beres pada kesehatan Anda.

Mata Berair Terus dan Keluar Kotoran


Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya masalah ini, ada yang terbilang wajar / ringan dan ada juga yang serius dan perlu segera mendapat penanganan medis. Di bawah ini adalah beberapa hal yang dapat memicu mata berair terus dan mengeluarkan kotoran mata :)

1. Mata terkena infeksi


Ada beberapa jenis infeksi yang mempengaruhi mata berair terus, salah satunya adalah peradangan kelopak mata (blepharitis). Untuk mengatasi hal ini Anda bisa mengompres mata dengan air hangat beberapa kali dalam sehari. Selain itu, menjaga kebersihan mata adalah langkah utama untuk mencegah masalah ini. Silakan baca kelopak mata bengkak dan sakit saat mengedip.

2. Sakit flu


Sakit flu kerap kali menjadi penyebab mata berair terus terusan. Keadaan ini tergolong wajar dan tak perlu Anda khawatirkan. Biasanya kalau flu telah sembuh maka air mata sudah tidak keluar lagi. Namun demikian, apabila keluar kotoran mata dengan warna kehijauan sebaiknya konsultasi ke dokter untuk memastikan penyebabnya.

3. Alergi


Mata sakit yang disebabkan karena alergi biasanya ditandai dengan mata merah, gatal, berair dan keluar kotoran mata yang tak kunjung habis. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa meneteskan obat tetes mata yang mengandung anti-histamin. Namun demikian, alangkah baiknya Anda minta resep ke dokter untuk mengatasi masalah ini.

4. Kelenjar tersumbat


Air mata diperlukan oleh mata sebagai pelembab yang dapat membantu melancarkan gerakan bola mata. Apabila kelenjar air mata mengalami penyumbatan maka mata menjadi kering dan produksi air mata menjadi lebih banyak. Keadaan ini bisanya akan hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Namun demikian, apabila keluhan ini disertai mata pedih yang tak kunjung henti, hendaknya segera datang ke dokter untuk mendapatkan perawatan.

5. Penggunaan lensa kotak yang kotor


Terkadang mata berair disebabkan karena virus atau bakteri yang dibawa oleh lensa kontak yang kotor. Untuk itu, Anda perlu mengontrol waktu penggunaan lensa kontak. Jika sudah terlalu lama, hendaknya ganti lensa kontak baru agar kesehatan mata tetap terjaga dengan baik. Bila perlu, konsultasikan ke dokter sebelum Anda memilih lensa kontak yang akan Anda pakai.

Pada intinya, untuk mengatasi segala hal yang berkaitan dengan kesehatan, dokter lah yang paling tahu tentang ilmunya. Dokter akan memberikan penanganan dengan tepat setelah melakukan pemeriksaan sesuai prosedur.

Demikianlah informasi seputar mata berair terus dan mengeluarkan kotoran mata. Semoga kita selalu diberi kesehatan dan terhindar dari segala mara bahaya. Salam

Artikel Pilihan

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

CANTIK SEHAT

Blog tentang perawatan kecantikan, bulu ketiak, bulu kaki, bulu mata dan perawatan tubuh lainnya

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top