Jaringan Penyusun Organ Mata Pada Manusia

Jaringan penyusun organ mata pada manusia ⏩ Sebagaimana kita ketahui bahwa mata adalah salah satu dari panca indra yang mempunyai peranan penting bagi kehidupan. Dengan mata kita manusia bisa melihat benda yang ada di sekitarnya, bisa membedakan warna dan bisa membedakan gelap atau terang suatu keadaan.

Ketika mata sedang sakit, maka aktivitas menjadi sangat terganggu. Tak hanya mengganggu aktivitas, sakit mata bisa menyebabkan keluhan lain seperti pusing dan demam. Meski yang sakit hanya bagian kelopak, rasanya sungguh menyakitkan. Silakan baca kelopak mata bengkak dan sakit saat mengedip, ataasi dengan cara ini !

jaringan-penyusun-organ-mata-manusia
image from pixabay

Pada kesempatan kali ini, kali akan menjelaskan tentang jaringan yang menyusun organ mata manusia. Setidaknya mata manusia itu tersusun dari 3 lapisan yaitu fibrosa, pembuluh darah dan retina mata, meskipun sebenarnya tidak hanya itu. Silakan simak ulasan singkat di bawah ini :)

Jaringan Penyusun Mata Manusia


Ketiga jaringan penyusun mata yang telah kami singgung di atas mempunyai peran dan fungsi yang berbeda - beda, mulai dari melindungi dan menggerakkan dan mengoptimalkan fungsi mata untuk melihat objek benda.

1. Lapisan fibrosa

Lapisan fibrosa terdiri dari dua bagian, yaitu sklera (selaput keras) dan kornea. Sklera adalah bagian mata dengan warna putih yang dapat dilihat dengan jelas. Fungsi dari sklera adalah membantu melindungi bola mata dari segala hal yang dapat membahayakan mata seperti benturan dan lainnya.

Selain sklera, fibrosa juga terbentuk dari kornea yaitu suatu bagian dimana cahaya bisa masuk ke mata. Kornea ini tidak memiliki pembuluh darah sehingga jika ada orang yang mengalami kerusakan kornea maka bisa diditransplantasikan dari orang lain tanpa ada suatu resiko penolakan.

baca juga : kemampuan mata selain untuk melihat

2. Lapisan pembuluh darah

Bagian mata banyak yang terletak pada pembuluh darah. Karoid adalah lapisan pembuluh darah yang banyak berperan dalam mensuply nutrisi ke organ mata. Iris merupakan salah satu jaringan penyusun organ mata manusia berupa lapisan pembuluh darah yang dapat mempengaruhi warna mata seseorang.

3. Retina mata

Retina merupakan salah satu bagian mata yang sangat berperan dalam menjalankan fungsi mata untuk melihat. Retina itu sendiri terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian luar dan bagian dalam. Lapisan luar bertugas untuk menyerap cahaya dan membersihkan sel fotoreseptor  yang telah rusak. Sedangkan lapisan dalam berfungsi untuk membantu penyerapan vitamin A sehingga mata dapat bekerja dengan optimal. Pada saat cahaya masuk ke dalam retina maka retina akan meneruskan ke otak.

Itulah 3 jaringan / lapisan penyusun organ mata manusia. Jaringan yang membentuk mata tidak hanya tiga itu, Anda bisa membaca artikel kami dengan judul bagian mata dan fungsinya. Sekian, semoga bermanfaat

Artikel Pilihan

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

CANTIK SEHAT

Blog tentang perawatan kecantikan, bulu ketiak, bulu kaki, bulu mata dan perawatan tubuh lainnya

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top