Bagian Bagian Mata dan Fungsinya Lengkap

Mata manusia terdiri dari bagian ⏩ bagian yang memiliki fungsi masing - masing. Mata adalah salah satu dari panca indra manusia yang berperan sebagai alat penglihatan. Kita bisa membedakan warna, melihat suatu benda, membedakan terang atau gelap dengan menggunakan mata. Mata memiliki bagian - bagian penting yang bekerja saling melengkapi untuk dapat melihat objek dengan maksimal.

Jika salah satu bagian mata terganggu kesehatannya maka mata akan terasa sakit dan perih, bahkan kepala pun ikut menjadi pusing dan aktivitas menjadi tak nyaman. Apabila mata sakit saat berkedip, silakan baca cara menyembuhkan mata yang sakit saat berkedip.

Ada 13 bagian mata yang mempunyai fungsi berbeda - beda. Artikel ini akan membahas tentang bagian mata dan fungsinya agar kita lebih faham mengenai indra penglihatan yang kita miliki.

bagian-bagian-mata-dan fungsinya-lengkap
image from pixabay

Bagian Mata dan Fungsinya


Silakan simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui bagian mata manusia dan apa saja fungsinya.

1. Kornea mata


Kornea adalah bagian mata yang letaknya di bagian paling luar. Kornea terbentuk dari selaput bening dengan sifat transparan (tembus pandang) sehingga cahaya dapat diteruskan ke sel penerima cahaya. Fungsi dari kornea mata adalah melindungi mata dari benda asing dan refraksi pada lensa mata.

2. Iris


Fungsi iris adalah mengatur pupil dan memberi warna mata. Sebagaimana kita lihat, warna mata orang itu berbeda beda, ada yang hitam tajam, ada yang coklat dan ada yang bermata biru, ini semua dipengaruhi oleh iris.

3. Pupil


Pupil merupakan bagian mata yang fungsinya mengatur banyak dan sedikitnya cahaya yang akan masuk ke mata. Jika cahaya yang mengenai mata terlalu terang maka pupil mengecil. Sebaliknya, jika cahaya yang masuk ke mata terlalu  redup maka pupil membesar. Intinya, fungsi pupil adalah mengatur cahaya yang akan masuk ke mata agar diterima dalam jumlah yang pas.

4. Retina


Retina merupakan bagian mata yang berwujud selaput tipis yang terdapat pada belakang bola mata. Fungsi retina adalah menangkap bayangan dari lensa mata lalu mengubah bayangan tersebut menjadi sinyal syaraf. Retina mempunyai dua sel fotoreseptor yaitu cones dan rods sehingga bagian ini sangat sensitif terhadap cahaya.

5. Lensa mata


Bagian ini mempunyai peran untuk membentuk gambar kemudian diteruskan ke bagian retina. Retina ini bisa menipis dan menebal menyesuaikan jarak objek yang dipandang. Apabila objek berada di tempat yang jauh maka lensa mata menipis. Sebaliknya jika objek berada di tempat yang dekat maka lensa mata menebal.

6. Akomodasi otot


Sebagaimana disebutkan di atas bahwa lensa mata manusia bisa menipis dan menebal sesuai jarak objek yang dipandang. Untuk melakukan fungsi tersebut, lensa mata membutuhkan akomodasi otot yang bekerja menarik dan atau mendorong lensa mata tersebut.

7. Bintik kuning


Bintik kuning merupakan bagian mata yang sangat sensitif dengan cahaya. Bayangan benda yang jatuh tepat di bagian bintik kuning maka akan terlihat dengan jelas. Sebaliknya, jika bayangan benda tidak tepat jatuh di bintik kuning maka akan terlihat buram. Itulah sebabnya para penembak jitu akan membidik sasaran dengan cara nginceng

8. Bintik buta


Fungsi dari bintik buta adalah kebalikan dari bintik kuning. Kalau bayangan benda jatuh pada bintik buta maka benda tersebut tidak akan bisa dilihat dengan jelas, bahkan sama sekali tidak terlihat.

9. Syaraf optik


Syaraf optik merupakan salah satu dari bagian mata yang sangat penting. Apabila bagian ini rusak, maka kita tidak bisa melihat suatu benda (buta). Syaraf ini berfungsi meneruskan bayangan yang masuk ke retina menuju otak sehingga kita bisa menentukan bentuk dari suatu objek yang kita lihat, karena sesungguhnya otak lah yang menjadi penentu.

10. Aqueous humor


Di dalam organ mata, ada cairan plasma yang mengandung sedikit protein. Cairan ini diproduksi oleh silia tubuh. Cairan ini disebut dengan aqueous humor yang fungsinya adalah mendukung fungsi lensa mata.

12. Vitreous humor


Vitreous humor ini berbentuk gel yang cukup berperan untuk mengisi ruang yang ada di antara lensa mata dan retina. Walupun hanya mengisi ruang kosong namun vitreous humor sangat mendukung pengoptimalan kinerja bagian penting pada organ mata.

13. Sklera


Sklera ini adalah suatu bagian pada dinding putih mata. Bentuknya sangat tipis, paling hanya 1mm meski terkadang bisa menebal sampai 3mm. Sklera berperan untuk membantu melancarkan kerja mata.

Bagian mata yang telah kami tulis di atas adalah bagain mata bagian dalam. Adapun bagian mata bagian luar antara lain adalah alis, bulu mata, kelopak mata dan kelenjar lakrima. Kesemuanya itu memiliki fungsi masing masing dan dapat menambah keanggunan penampilan kita. Silakan baca cara mempertebal bulu mata dengan bahan alami.

Demikian info terkait bagian mata dan fungsinya. Sungguh besar nikmat yang diberikan Tuhan kepada kita. Kita tidak diperintah untuk menghitung nikmat tapi diperintah untuk mensyukuri, merawat dan mempergunakannya dengan baik. Salam.

Artikel Pilihan

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

CANTIK SEHAT

Blog tentang perawatan kecantikan, bulu ketiak, bulu kaki, bulu mata dan perawatan tubuh lainnya

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top