Kulit Leher Kering Kasar Mengelupas dan Perih, Segera Atasi dengan Ini !

Masalah kulit leher yang sering kali dialami adalah perubahan kulit menjadi kering, kasar, mengelupas, bersisik dan perih. Masalah ini tidak bisa kita biarkan begitu saja, pasalnya keadaan ini tidak hanya mengganggu penampilan melainkan juga meninggalkan rasa perih yang lumayan menyakitkan. Untuk itu, Anda perlu melakukan langkah sederhana untuk mengatasinya.

Sebenarnya untuk menutupi masalah ini agar tidak mengurangi kepercayaan diri bisa dilakukan dengan menutup bagian leher dengan kerah baju atau hijab. Namun, langkah itu hanya sebatas menutupi saja tidak menyembuhkan. Suatu saat jika ingin berpenampilan tanpa kerah baju, kulit leher yang kering dan kasar akan terlihat juga.

Kulit leher mengelupas jika tidak segera diatasi bisa saja menjadi lebih parah. Begitu pula dengan penanganan yang salah, meski sudah ditangani dengan segera namun kalau salah penanganan bisa jadi leher menjadi semakin bersisik.

kulit-leher-kering-kasar-mengelupas-dan-perih
image from pixabay

Tips Mengatasi Leher Kering dan Kasar


Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk menangani masalah ini, terutama dalam hal konsumsi makanan dan penggunaan kosmetik. Kedua hal ini sangat mempengaruhi keadaan kulit leher yang menjadi semakin kering dan kasar. Simak penjelasan berikut ini.

Penyebab kulit leher kering dan mengelupas


Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulit leher menjadi kering dan perih. Jika Anda menginginkan kulit leher tetap halus dan bersih hendaknya selalu waspada dan memperhatikannya. Di bawah ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan kulit leher menjadi kering dan kasar.

Kurang asupan vitamin


Salah satu faktor yang menyebabkan kulit leher bersisik adalah kurangnya asupan vitamin ke dalam tubuh. Kulit kita membutuhkan nutrisi yang cukup agar tetap tampil halus dan tanpa masalah. Kekurangan asupan nutrisi kulit tidak hanya menyebabkan kulit bersisik tapi juga menyebabkan kulit leher menjadi hitam. Mengenai kulit leher hitam, silahkan baca cara mengatasi leher hitam secara alami

Dehidrasi kulit


Tak hanya tubuh yang bisa mengalami kekurangan cairan (dehidrasi), kulit pun juga dapat mengalami dehidrasi. Kulit yang kekurangan cairan akan mengalami berbagai macam masalah kulit, yang paling mencolok adalah kulit menjadi kering, kasar dan mengelupas diiringi rasa perih yang menyakitkan.

Penggunaan kosmetik


Dandan menggunakan alat kosmetik masa kini seakan menjadi aktivitas yang tidak bisa ditinggalkan oleh kaum hawa. Dengan dandanan masa kini mereka akan tampil dengan mempesona dan percaya diri. Namun demikian Anda harus hati hai, jangan sembarangan memilih kosmetik. Pemakaian kosmetik yang tidak sesuai dengan karakter kulit bisa saja menyebabkan kulit leher menjadi kering.

Cara Mengatasi Kulit Leher Kering dan Kasar


Setelah Anda mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan masalah kulit leher, silakan jaga diri sebaik - baiknya agar tidak sampai melakukan beberapa hal yang membuat kulit leher kering. Namun demikian, jika ternyata kulit leher masih tetap kasar dan mengelupas, silakan lakukan beberapa tips berikut ini:

Konsumsi vitamin yang cukup


Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa salah satu penyebab leher kering adalah kekurangan vitamin yang dibutuhkan oleh kulit. Makanan yang mengandung vitamin A sangat efektif untuk mengatasi kulit kering dan mengganti sel kulit mati agar tetap sehat dan halus. Beberpa makanan yang banyak mengandung vitamin A antara lain adalah buah - buahan segar dan aneka  macam sayuran hijau.

Makanan yang mengandung vitamin B juga perlu dikonsumsi untuk mengatasi masalah kulit leher kasar, mengelupas dan bersisik, pasalnya vitamin B cukup baik untuk menjaga kelembaban kulit dan membantu peneyembuhan kulit mengelupas. makanan yang banyak mengandung vitamin B antara laina adalah gandum, beras merah, kuning telur dan lain lain.

Selain  itu, Anda perlu mengkonsumsi makanan bervitamin C dan E. Vitain bermanfaat untuk membantu meningkatkan kolagen kulit sehingga kulit leher tidak kering dan mengelupas. Sedangkan vitamin E bermanfaat bagi kulit untuk membantu menjaga kulit tetap halus dan tidak kasar. Vitamin E banyak dijumpai pada buah pisang, kacang - kacangan dan gandum.

Minum air putih yang cukup


Tak hanya tubuh yang dapat mengalami kekurangan cairan, kulit pun bisa kekurangan cairan. Kulit yang kekurangan cairan akan menjadi kering dan kasar, maka dari itu perlu asupan air putih yang cukup agar kulit senantiasa halus dan tidak kering. Silakan minum air putih sesuai anjuran ahli kesehatan yaitu minimal 8 gelas per hari. Minum air putih cukup selain dapat mengatasi kulit leher kering juga dapat membatu mempercepat penyembuhan jerawat di leher.

Pilih kosmetik yang tepat

Kulit leher menjadi kering dan bersisik bisa saja terjadi karena kesalahan dalam pemakaian alat kosmetik. Umumnya penggunaan kosmetik itu di bagian wajah, namun jangan kaget jika efeknya bisa sampai ke leher karena leher merupakan bagian yang sangat dekat dengan wajah. Untuk itu, pilihlah kosmetik yang cocok dengan karakteristik kulit Anda agar tidak sampai terjadi hal yang tak diinginkan.

Apabila kulit leher kering, kasar, mengelupas dan perih tak kunjung sembuh meski sudah melakukan berbagai macam tips, sebaiknya segera konsultasi ke dokter baik secara online maupun offline agar mendapatkan saran terbaik. Jangan pernah menunda pengobatan agar keluhan ini tak berkembang semakin parah.

Artikel Pilihan

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

CANTIK SEHAT

Blog tentang perawatan kecantikan, bulu ketiak, bulu kaki, bulu mata dan perawatan tubuh lainnya

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top