Kenapa Leher Sering Berkeringat Saat Tidur ? Ini Penjelasannya

Kenapa leher sering berkeringat saat tidur ? mungkin saat ini hati Anda sedang bertanya tanya seperti ini. Bahaya atau tidaknya keadaan ini akan diketahui setelah diketahui secara pasti apa yang menyebabkannya. Keluar keringat berlebihan hingga dibawa saat tidur bisa terjadi karena beberapa faktor seperti emosi, gelisah, gugup dan lain lain.

Sebenarnya keluar keringat saat sedang tidur itu tergolong normal karena syaraf simpatis lah yang memberi rangs@ng@n kelenjar keringat hingga akhirnya mengeluarkan keringat berlebihan.

Anda tak perlu takut jika leher Anda sering mengeluarkan keringat saat tidur kecuali kalau dibarengi dengan keluhan lain. Jika keadaan ini dibarengi dengan keadaan lain bisa jadi tubuh sedang terkena penyakit tertentu. Untuk itu, silakan baca penjelasan di bawah ini :)

kenapa-leher-sering-berkeringat-saat-tidur
image from pixabay

Kenapa leher saya sering berkeringat saat tidur ya ?


Sebagaimana yang telah kami terangkan di atas bahwa keluarnya keringat berlebihan hingga terbawa tidur itu tergolong normal dan tak perlu ditakutkan. Biasanya keadaan ini hanya dipengaruhi oleh beberapa hal yang tidak berbahaya, seperti gelisah, cuaca dan lainnya. Justru banyak keluar keringat itu malah menandakan kelenjar keringat berfungsi dengan baik. Berikut ini adalah alasan mengapa leher Anda sering berkeringat :

1. Leher berkeringat karena pengaruh cuaca


Cuaca tropis di negara kita bisa membuat kelenjar keringat bekerja dengan cepat, akibatnya tubuh sering berkeringat bahkan dalam keadaan tidur sekalipun. keringat berlebihan karena faktor cuaca tidak perlu Anda takutkan karena tergolong normal dan tidak membahayakan kesehatan tubuh. Oleh karena sering berkeringat, Anda perlu mandi dengan rutin dan teratur paling tidak sehari dua kali agar bau badan tetap sedap.

2. Gelisah / galau


Pikiran galau (gelisah) tidak hanya membuat kehidupan menjadi tidak nyaman, tapi juga menimbulkan beberapa keluhan yang cukup mengganggu. Banyak berkeringat kadang kala disebabkan karena pikiran tak tenang karena merasa gelisah memikirkan sesuatu. Banyak keringat karena hal ini juga tergolong aman dan tidak membahayakan kesehatan.

3. Kaget / gugup


Kalau Anda bertanya, mengapa leher sering berkeringat saat tidur ? ada apa gerangan ?, bisa Anda tanyakan kepada diri sendiri, apakah saat ini Anda sedang gugup atau kaget. Ketika Anda sedang tidur terkadang datang suatu impian yang mengagetkan. Satu misal, Mimpi bertemu dengan cewek cantik yang minta jadi pacar, eee ternyata cewek itu bukan manusia tapi kuntil anak. Kaget dan campur aduknya hati bisa saja menjadi penyebab keluarnya keringat saat tidur.

4. Proses metabolisme


Untuk menjaga kesehatan dan bertahan hidup, tubuh manusia melakukan proses metabolisme tanpa henti. Metabolisme tubuh ini akan terus berlangsung meski dalam keadaan tidur, wal hasil keringat bisa saja keluar meski dalam keadaan tidur. Berarti keadaan ini normal dan tak perlu ditakutkan karena setiap manusia pasti mengalaminya.

5. Keringat berlebih karena penyakit


Keringat berlebihan yang terbawa tidur bisa saja disebabkan karena penyakit hiperteroid. Salah satu tanda penyakit ini adalah keluar keringat berlebihan, namun biasanya dibarengi dengan keluhan lain seperti detak jantung menjadi kencang, frekuensi BAB meningkat, dan lainnya. Selain penyakit hiperteroid, banyak keringat bisa juga disebabkan karena penyakit panas dan demam.

Jika Anda merasakan kejanggalan yang mengiringi keluarnya keringat berlebih silakan langsung datang ke dokter untuk konsultasi. Dokter akan memberi penjelasan dengan gamblang mengenai penyebab banyak keringat yang Anda alami.

Kesimpulan

Kenapa leher sering berkeringat saat tidur ? jawabnya bisa Anda simpulkan sendiri setelah membaca artikel tersebut di atas. Sekian yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

Artikel Pilihan

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

CANTIK SEHAT

Blog tentang perawatan kecantikan, bulu ketiak, bulu kaki, bulu mata dan perawatan tubuh lainnya

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top