Kelenjar di Leher yang Berbahaya dan Normal

Kelenjar di leher yang tumbuh menjadi sebuah benjolan membuat hati khawatir apakah keadaan itu berbahaya atau tidak. Perlu Anda ketahui bahwa munculnya kelenjar di leher itu disebabkan oleh beberapa hal, ada yang tergolong normal dan ada yang bahaya sehingga perlu segera mendapatkan penanganan tepat.

Benjolan di leher yang tergolong normal biasanya hilang dengan sendirinya tanpa harus diberi obat apapun. Sebaliknya, kelenjar di leher yang disebabkan oleh penyakit berbahaya akan menjadi parah jika tidak segera mendapat penanganan. Untuk itu, diperlukan identifikasi yang tepat, apakah kelenjar di leher yang sedang Anda alami tergolong berbahaya atau lumrah.

Untuk menambah wawasan mengenai jenis kelenjar di leher, baik yang berbahaya atau yang tidak silakan Anda baca artikel ini hingga kelar karena di sini akan dibahas beberapa hal yang terkait dengan benjolan di leher.

kelenjar-di-leher-berbahaya
image from pixabay

Jenis Kelenjar di Leher


Munculnya kelenjar di bagian leher disebabkan oleh beberapa hal. Di bawah ini adalah beberapa keluhan benjolan di leher yang bisa jadi berbahaya jika tidak segera mendapat penanganan:

  • Kanker di bagian tenggorokan
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Kista jinak
  • Alergi
  • Tortikolis
  • Pertumbuhan kulit yang terlalu berlebihan (skin tag)
  • Amandel
  • Struma

Semua masalah yang terkait dengan kelenjar di leher tersebut di atas dapat segera disembuhkan jika ditangani dengan baik. Maka dari itu, apabila Anda menjumpai benjolan di leher alangkah baiknya jika segera datang ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan.

Dokter akan melakukan segenap pemeriksaan sesuai dengan petunjuk medis dengan hasil akurat. Selanjutnya dokter akan memberi resep obat kelenjar di leher yang sesuai dengan penyakit Anda dengan tetap mempertimbangkan kondisi kesehatan Anda, apakah punya alergi terhadap obat tertentu atau tidak.

Waspadai Kelenjar di Leher yang Berbahaya


Kelenjar di leher berbahaya atau tidak itu bisa dilihat dari penyebabnya, maka penyebab munculnya benjolan di leher ini harus benar benar diketahui sehingga tidak sampai menimbulkan keluhan kesehatan serius.

Satu misal kelenjar di leher akibat pembengkakan kelenjar getah bening, ini bisa terjadi karena bermacam macam sebab. Sebab yang paling umum adalah terjadi infeksi karena masuknya bakteri atau kuman ke daerah tenggorokan.

Sebab lain adalah karena penyakit gondok yang diawali dari kekurangan zat yodium. Pembengkakan kelenjar getah bening karena gondok ini bisa sampai terlalu besar meski rasanya tidak terlalu sakit. Mungkin Anda sedikit khawatir dengan keadaan itu walaupun sebenarnya benjolan akibat gondok itu tidak bahaya.

Kelenjar di leher juga bisa disebabkan karena alergi makanan atau minuman tertentu. Benjolan di leher karena alergi ini biasanya menimbulkan keluahan seperti panas, warna kemerah merahan dan sakit ketika disentuh. Kelenjar ini akan hilang dengan sendirinya dalam waktu tak tertentu. Untuk mengatasi keluhan ini Anda bisa mengkonsumsi obat penghilang nyeri atas resep dokter.

Tanda Kelenjar di Leher yang Berbahaya


Sepantasnya Anda mengetahui tanda yang membedakan antara kelenjar di leher berbahaya atau tidak. Hal ini penting dilakukan agar benjolan di leher segera mendapat penanganan yang tepat sehingga tidak menjadi semakin parah.

Sebenarnya perbedaan kelenjar di leher yang berbahaya dan tidak itu cukup jelas dilihat melalui ciri fisik benjolan itu dan rasa sakit yang dirasakan. Benjolan di leher karena pembengkakan kelenjar getah bening dan atau karena kanker mudah dikenali dengan rasa sakit yang tak tertahankan. Segera datang ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat serta obat yang sesuai.

Berbeda dengan kelenjar di bagian leher karena infeksi kulit leher atau jerawat di leher yang bisanya terlihat dengan munculnya nanah di bagian kulit. Memang rasanya sangat sakit tapi masalah ini lebih mudah untuk diatasi dan tidak berbahaya. Sedangkan benjolan di leher yang terjadi akibat gondok, Anda pasti sudah tahu yaitu terjadinya pembengkakan leher yang terus menerus bahkan hingga sulit bernapas.

Sebaiknya Anda segera datang ke dokter untuk memastikan kelenjar di leher Anda itu berbahaya atau tidak. Konsultasi ke dokter adalah langkah paling tepat karena dokter telah mempunyai alat kesehatan yang lengkap dan ilmu dalam mendiagnosa sebuah penyakit serta mengobatinya.

Artikel Pilihan

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

CANTIK SEHAT

Blog tentang perawatan kecantikan, bulu ketiak, bulu kaki, bulu mata dan perawatan tubuh lainnya

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top